MAKALAH SISTEM KOMPUTER
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “SISTEM KOMPUTER”, yang
mana makalah ini disususn bertujuan untuk memenuhi tugas Arsitektur dan
Organisasi Komputer dalam menempuh pendidikan di Sekolah Teknologi Ilmu
Management Informatika dan Komputer Asia Malang. Penulis menyadari bahwa masih
banyak kekurangan dan keterbtasan dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh
karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua
pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat
menambah pengetahuan pembaca. Demikian makalah ini penulis susun, apabila ada
kata- kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon
maaf yang sebesarbesarnya.
Malang,
9 November 2009
Penulis
DAFTAR
ISI
Sampul.........................................................................................
i
Kata
Pengantar .............................................................................
ii
Daftar
Isi
......................................................................................
iii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN.............................................................. 2
1.
Sistem Komputer ........................................................... 2
a.
Pengertian Sistem...................................................... 2
b.
Pengertian Komputer ................................................ 2
c.
Pengertian Sistem Komputer ..................................... 2
d.
Komponen-komponen Komputer .............................. 3
1.
Hardware .............................................................. 3
2.
Software................................................................ 9
3.
Brainware.............................................................. 11
2.
Operasi Sistem Komputer ............................................. 11
BAB
III
PENUTUP......................................................................
14
Daftar
Pustaka
BAB
I PENDAHULUAN
Komputer
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa
batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat
yang kita buat sendiri. Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk
makalah dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. Banyak
sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul
Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika
kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan
referensi yang banyak. Makalah ini kami susun sangat simpel agar para pembaca
mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya, Kami selaku penulis mohon maaf
jika ada pembahasan yang kurang tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam
proses belajar. Selamat membaca.
BAB
II PEMBAHASAN
1.
Sistem Komputer
a.
Pengertian Sistem
Sistem
berasal dari bahasa Latin (systema)
dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu
kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta
memiliki item-item penggerak.
b.
Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c.
Pengertian Sistem Komputer
Sistem
Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas
dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras hardware). Dengan demikian komponen tersebut
merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware
tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).
Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada
manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada
softwarenya. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian
utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan
dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas
kawat, "bus".
d.
Komponen-komponen Komputer
Komponen
– komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
Processing
Device
Input
Device
Output
Device
Storage
Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
Operating
System
Application
Program
Language
Program
3.
Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat
yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang
disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang
dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai
aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa
bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Processing
Device (CPU)
CPU
( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan
pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau
peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Dalam komputer-komputer
modern, kedua unit ini
terletak
dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU
(Central Processing Unit). CPU memiliki
fungsi adalah program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara
mengambil instruksiinstruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu
persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan
instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). CPU memiliki
dua bagian utama, yaitu :
1.
ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika
dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik
yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan
dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua
operand dengan menggunakan operator logika tertentu,
yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (_),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (_),
lebih besar dari (>), dan
lebih besar atau sama dengan (_)
ALU juga dapat melakukan
pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan
dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR,
NOT ), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2.
CU ( Control Unit )
Unit
control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan
yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data
diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksiinstruksi
dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil
data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan
data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan
disajikan ke alat output. Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat penyimpanan
yang berukuran kecil yang disebut dengan Register yang
memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg
digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara
data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran
untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama. Banyak register dalam
CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
1.
Instruction Register ( IR )
Digunakan
untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2.
Program Counter ( PC )
Digunakan
untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori
utama yang berisi instruksi berikutnya.
3.
General Purpose Register
Punya
kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan
untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut
accumulator.
4.
Memory Data Register ( MDR )
Digunakan
untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau
menampung data yg akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5.
Memory Address Register
Digunakan
untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil
atau yg akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakan suatu cache
memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar
kerja CPU lebih efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/ instruksi
diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke
memori utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari
memori utama lebih lambat disbanding kecepatan register sehingga akan banyak
waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok
informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU
akan selalu berhubungan dengan cache memory.
Input
and Output Device I/O membolehkan komputer
mendapatkan informasi dari dunia luar, dan
menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa
diolah lebih lanjut oleh sistem komputer igital. Alat output, men-decode data
ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh
pemakai komputer.
1.
Input Device
Input
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
Keyboard
Pointing
Device
_
Mouse
_
Touch screen
_
Digitizer Grapich Tablet
Scanner
Microphone
2.
Output Device
Output
Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan
keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (kekertas),
soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
Monitor
Printer
Speaker
Storage
Device
Register
CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU
harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
Terbagi menjadi dua yaitu :
1.
Internal Storage
Adalah
media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
RAM
( Random Access Memory )
Untuk
menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara
acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1.
Input Storage
Digunakan
untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2.
Program Storage
Digunakan
untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3.
Working Storage
Digunakan
untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4.
Output Storge
Digunakan
untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat
output.
ROM
( Read Only Memori )
Memori
yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat
komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu
ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg
terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter
di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu,
dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali
sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold
booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :
1.
PROM (Programmable Read Only Memory), yg
hanya dapat diprogram satu kali.
2.
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory),
dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram
kembali berulang-ulang.
3.
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat
dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
2.
External Storage
Perangkat
keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di
luar komponen utama, yaitu :
Floppy
Disk
Hard
Disk
CD
Room
DVD
2.
Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian
prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang
dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan
oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Operating
System
Sistem
operasi atau operating system ialah
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware
komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
dengan
pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa
macam system operasi diantaranya adalah :
_
Linux
_
Windows
_
Mac OS
Tugas
sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di
atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan
software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver)
yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Application
Program
Yaitu
program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai.
Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus
dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau
perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh
:
_
Microsoft Word
_
Microsoft Excel
_
Dll
Language
Program
Language
Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk
berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa Pemrograman, seperti
:Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti
:
_
Turbo pascal
_
Delphi
3.
Brainware
Brainware
adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang
yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2.
Operasi Sistem Komputer
Secara
umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang
terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke memori. Umumnya, setiap
device controller bertanggung jawab atas sebuah hardware spesisfik. Setiap
device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren untuk mendapatkan akses ke
memori. Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk
sinkronisasi akses memori. Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya
lebih kompleks. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap
bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini
RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang
lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang
lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung
dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi
antar bus ini digunakan sebuah bridge . Tanggung jawab sinkronisasi bus yang
secara tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah
bus controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan
aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device
. Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset Jika
komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan menjalankan
bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan dalam ROM yang
berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS
modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only
Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang
dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini
lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System) . Bootstrap program
utama, yang biasanya terletak di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware
utama dan melakukan inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal
dengan nama firmware . Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload
kernel sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem
operasi.Dari sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu.
Kejadian ini akan menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya
( event-driven ). Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan
munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini
disebut Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui
suatu signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara
menjalankan system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call System/Monitor call ini akan menyebabkan trap
yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software karena adanya masalah atau
permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini juga sering disebut
sebagai exception . Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal
sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan
diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan
dua cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat
yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamat-alamat
ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di mana
sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi. Arsitektur
interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang di- interrupt .
Pada komputer lama, alamat ini disimpan di tempat tertentu yang tetap,
sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama dengan
informasi state saat itu.
BAB
III PENUTUP
Sistem
Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem computer
terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware). Komponen – komponen dalam sistem komputer
terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
Processing
Device
Input
Device
Output
Device
Storage
Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
Operating
System
Application
Program
Language
Program
3.
Brainware ( Orang Yang Mengoperasikan Komputer ) Adanya beberapa hardware ini
dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu dalam operasi sistem
komputer untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi
akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap
bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Jika komputer
dinyalakan Bootstrap program utama akan memeriksa hardware-hardware utama. Pada
komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau
hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven. Demikian yang
bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya
dan mahasiswa pada umumnya. Apabila makalah ini terdapat kekurangan maupun
kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami mengucapkan mohon maaf.
DAFTAR
PUSTAKA
http://nurulcall-tanjungkalang.blogspot.com/2012/1/makalah-sistem-komputer/ http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistemkomputer.ppt.
http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyEzpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.
0 comments: on "MAKALAH SISTEM KOMPUTER"
Post a Comment