Pilih Warna Kesukaan

translation

Tips Sebelun Terjun di Dunia Blogging

Seorang yang ingin terjun di dunia blogging apalagi berniat menjadi blogger profesional pasti akan sangat membutuhkan beberapa hal penting sebagai modal dasarnya. Modal ini kita dapat dari proses belajar dari berbagai sumber referensi yang kita percayai dan juga dari pengalaman blogger – blogger lain yang telah lebih dulu terjun di bidang ini. (jangan dikira ane post ini berarti ane sudah pandai TIDAK sobat )
Modal dasar ini akan sangat bermanfaat bagi kita ketika memulai langkah awal menjadi seorang blogger agar blog yang nantinya kita kelola dapat berkembang dengan baik dan tidak mengalami hambatan karena ketidakmampuan kita mengelola blog.


Berikut beberapa hal mendasar yang wajib untuk dipelajari bila ingin menjadi seorang blogger :
1. Blog Platform
Setiap orang yang ingin masuk ke dalam dunia blogging akan sangat membutuhkan sebuah blog. Banyak platform blog yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita seperti plalform blog wordpress, blogspot / blogger, joomla, drupal dan lainnya. Platform cms ini mempermudah kita dalam membuat blog karena kita hanya tinggal install platform blog dalam server hosting dan tidak perlu juga bersusah – susah mengupload file melalui ftp, cukup masuk dalam admin panel cms kemudian mengisinya dengan posting ( self hosting ) sedangkan bila kita menggunakan blog gratis seperti blogspot sebagai tempat ngeblog, kita hanya mendaftar saja setelah itu bisa segera mempublish posting.
Kita tidak perlu mempelajari semua jenis platform, pilihlah platform blog yang menurut kita mudah digunakan dan tentunya sangat seo friendly dengan search engine. Setelah kita menjatuhkan pada pilihan platform blog tertentu, baru kita mempelajari cara penggunaannya mulai dari membuat posting baru, setting blog, melakukan edit template sampai memasang aneka widget blog yang bermanfaat.
2. Menulis
Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1997, blog merupakan situs yang digunakan untuk menulis diary layaknya diary harian di sebuah buku. Berisi dengan cerita sehari – hari dari pemilik blog / blogger. Karena itulah sampai sekarang dunia blogging adalah tempat menuangkan semua yang ada dalam pikiran kita melalui sebuah tulisan dan menyebarkannya di internet yang luas ini supaya terbaca oleh orang lain dan dapat menjadikan manfaat bagi yang membutuhkannya.
3. Seo
Seo ( Search Engine Optimization ) merupakan ilmu baru bagi kita yang baru saja mengenal dunia blogging. Kita wajib mempelajari seo dan berbagai macam tekniknya, dengan harapan blog kita dapat masuk halaman pertama  google, yahoo, bing dan lainnya sehingga mudah ditemukan para peselancar search engine yang mencari suatu informasi yang berkaitan dengan posting blog kita.
4. Bersosialisasi
Menjadi seorang blogger juga tidak akan jauh dengan kegiatan blogwalking mengunjungi blog dari blogger lain seperti yang Nurulcall lakukan Hal ini berfungsi untuk mengikat silaturahmi antara sesama blogger dan sekaligus mengenalkan blog kita pada mereka. Ketika kita berkunjung dan meninggalkan pesan di dalam kotak komentar, guest book maupun contact form jangan pernah kita melupakan etika kesopanan meskipun kita tidak saling bertatap muka dengan sang pemilik blog. Hendaknya kita sampaikan segala sesuatunya dengan cara yang baik dan sopan meskipun kita berbeda pendapat dengan sang pemilik blog. Beri kesan yang baik dengan cara membangun branding diri sebagai seorang blogger dengan tidak melakukan usaha spamming pada komentar posting mereka, kita berikan komentar yang memberikan sumbangan positif terhadap blog dan tentunya yang relevan dengan posting tersebut.
Pelajaran dasar tentang bersosialisasi tidak berakhir pada aktifitas blogwalking saja akan tetapi juga berhubungan dengan situs jejaring sosial dan forum, yang mana situs – situs ini akan menguji kemampuan kita bersosialisasi dalam jaringan yang lebih luas dengan orang lain. 
5. Monetize
Monetize blog merupakan usaha mengoptimalkan blog untuk tujuan mendapatkan penghasilan darinya. Mulai dari jual produk, pasang iklan sampai program affiliasi.
Seiring dengan semakin berkembangnya dunia blogging yang mulanya blog hanya dimanfaatkan sebagai tempat mencurahkan perasaan kita sekarang mulai berkembang ke arah blogging yang dapat didayagunakan untuk memperoleh penghasilan. Tidak hanya sebagai tempat menyalurkan buah pikiran kita tapi juga sebagai tempat mendapatkan sesuatu yang bisa menghidupi kita dan keluarga. Menarik, kan ?


Demikian ulasan tentang Tips Sebelun Terjun di Dunia Blogging dapat memberi manfaat..


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips Sebelun Terjun di Dunia Blogging"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan EMAIL anda untuk mendapatkan update terbaru dari Nurulcall

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

NURULCALL LINK EXCHANGE
Mau Tukar link silahkan Copy-Paste code HTML dibawah ke blog anda lalu beri commentar di postingan terbaru atau di buku tamu sebagai pemberitahuan secepatnya link anda saya pasang tanks.

NurulCall

Photobucket

BENNER NURULCALL

LINK NURULCALL

BUKU TAMU

Silahkan Komentar Disini Setelah Anda Tukar Link